Hama dan Penyakit pada Tanaman Karet

Hama dan penyakit perkebunan karet membuat hasil kebun karet dari masa tanam sampai masa panen tidak sesuai yang di rencanakan.

Berikut ini beberapa hama dan penyakit pada tanaman karet :

1. Hama

- Kutu
Hama ini sangat banyak jenisnya pada umumnya menyerang tanaman karet yang masih kecil yang menghambat pertumbuhan untuk menjadi besar dan subur,karena zat-zat yang terdapat dalam batang serta daun di hisap secara simultan yang pada akhirnya karet menjadi mati secara berlahan.Tanaman karet gejala kuning pada daun serta layu yang berguguran.

- Rayap

Rayap pada umumnya mulai menyerang tanaman karet mulai dari akar yang mati serta pangkal kayu yang ada di sekitar batang karet

- Babi dan monyet
Untuk petani yang membuka lahan yang masih banyak hutan di sekitar perkebunan karet hama jenis ini sangat banyak sekali di temui hewan jenis ini ,tidak hanya tanaman karet yang di serang tetapi jenis tanaman lain hampir sama.hama jenis ini memakan dan mematahkan pucuk muda pada tanaman karet terkadang juga bisa di patahkan sampai pangkal batang karet.

2. Penyakit

- Jamur akar

Jamur jenis ini yang banyak di temui pada tanaman karet pada umumnya :

  • Jamur putih 
  • Jamur merah
  • Jamur Upas
Tingkat pertama yang di serang pada akar karet yang berdalam di dalam tanah untuk melihat gejala ini kalau di gali pada bagian pangkal batang karet akan terlihat jamur yang menyerang akar baik itu karet yang kecil mau pun yang sudah besar siap panen.

- Penyakit batang karet
Pada cabang karet yang sering jadi sasaran jenis penyakit jamur ini yang berperan mengakibatkan sering patah pada cabang pohon karet sehingga cepat patah.

- Bidang sadap
Penyakit pada bidang sadap sering di sebut dengan kanker bercak atau kanker garis. Terjadi penggumpalan getah karet pada bidang sadap.

- Mati kulit atau kering alur sadap

Yang di maksudkan di sini adalah tidak ada nya getah yang maksimal pada bidang sadap saat di lakukan penyadapan pada batang karet. hanya gumpalan kecil di sertai air dari bidang sadap batang karet.

Mati kulit atau kering alur sadap pada tanaman karet di sebabkan beberapa faktor :

  • Klon Bibit yang tidak bagus 
  • Kurang pemeliharaan dari saat tanam sampai tahap panen
  • Lahan yang kurang subur 
  • Dan lain sebagai nya

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hama dan Penyakit pada Tanaman Karet"

Poskan Komentar